Index» » » » » Cara Setel Angin Karburator

Cara Setel Angin Karburator

Rabu, 23 Oktober 2013

Cara Setel Angin Karburator

Cara Setel Angin Karburator

MOBIL MOGOK - Tugas utama dari karburator adalah mencampur Bahan Bakar dan udara (BB)+(O2).  perbandingan range nya kira2 BB : O2 adl 1 : 13-15. Yang pasti bagaimana cara agar mesin mendapat suplai campuran segitu oleh karena itu terdapat penyetelan termasuk setelan angin.

Kenapa memakai range, padahal banyak teori di buku2 menyebutkan pembakaran ideal itu 1:14? jawabanya Karena kondisi  linkungan & mesin  mempengaruhi seting campuran Bahan Bakar dan udara .


Misal:

Kompresi makin tinggi BERARTI mesin makin panas BERARTI butuh suplai BB lebih banyak biar mesin gak jebol. 
Humidity (kelembaban) lingkungan makin tinggi BERARTI campuran BB terkontaminasi air, BERARTI campuran makin miskin, BERARTI bensin hrs lebih banyak. 
Suhu lingkungan rendah BERARTI suhu kerja mesin turun BERARTI bensin harus dikurangi agar suhu kerja mesin jadi ideal. 
Knalpot bobokan (Free flow) BERARTI rpm makin tinggi BERARTI suhu mesin meningkat BERARTI butuh BB makin tinggi. 
Dan masih banyak lagi parameter yg harus diperhatiin termasuk desain lubang masuk pada blok yg b’pengaruh dg settingan spuyer sebagai penyalur BB. 
Itu teori dasarnya.

Setting Karbu:

Karbu pny 2 spuyer :

Satu buah main jet (tuk NSR std ukurannya 130) yg berperan meyalurkan BB saat bukaan gas sekitar setengah putaran keatas 
Satu buah pilot jet (NSR std ukurannya 45) yg berperan menyalurkan BB dari putaran gas 0 derajat sampe penuh, cm efek dari pilot jet ini bisa dikatakan tidak terlalu signifikan pada bukaan gas penuh N rpm mesin yg sudah tinggi. 
Hal lain yg berpengaruh dengan setingan termasuk :

Ukuran Venturi karbu 
Jarum skep 
Stelan angin 
Power jet. 
Venturi karbu makin besar maka makin banyak udara yg lewat shg butuh spuyer lebih besar baik pilot atau main jetnya spy campuran bisa pas.

Trus kapan kita membesarkan ato mengecilkan spuyer2 tadi?

Sebelumnya hrs tahu dulu gejala2 mesin saat kekurangan BB dan kebanyakan BB:

1. “Ngempos” adalah gejala mesin spt kehilangan tenaga yg disebabkan kekurangan BB

2. “Mberebet” adl gejala mesin yg sebenernya dirasa padat cm tenaga seperti tertahan dan kadang dibarengi dengan suara benturan logam kalo settingannya terlalu basah.

Berarti kl NGEMPOS mesin butuh BB, kl BREBET mesin kebanyakan BB.

nah untuk cara menyetel angin pada motor2 standaran dari pabrik, ada tips melakukan penyetelan angin karburator.

Cara Setel Angin Karburator

Cara Setel Angin Karburator :

1.Pada saat kondisi mesin dingin.

Cara settingnya :

-Nyalakan motor dan putar setelan stasioner sampai keputaran mesin yang terasa mbrebet ( biasanya pagi       hari motor ada brebet ).
-Kemudian putar setelan angin karburator kekanan / arah jarum jam sampai terasa mesin ingin mati.
-Setelah itu putar kekiri / lawan arah jarum jam sampai suara mesin tertinggi atau putaran mesin tak mbrebet.
-Turunkan putaran stationer ke putaran mesin yang di inginkan.
(+)kelebihan setting karburator dikondisi mesin dingin ini biasanya menghilangkan mbrebet ketika dipagi hari.
(-)kekurangan nya yaitu ketika mesin panas dimungkinkan stationer atau putaran mesin menjadi lebih tinggi .

2.Pada saat kondisi mesin panas
tindakan sama seperti tadi, tapi saat akan mengendurkan setelan angin, dengan langkah berikut.

“Turunkan putaran stationer ke putaran mesin yang anda ingin kan”.

Sebenarnya bukan putaran mesin yg kita inginkan, tapi dengerin suara mesin yg terus naik seiring anda memutar setelan angin berlawanan jarum jam, pada saat terus meninggi maka ada saat dimana suara mesin akan turun, nah disitulah kita bisa tentukan mau setel basah / kering.
basah=pada saat kondisi mesin terkencang.
Kering=pada saat mesin turun dr naiknya RPM setelan angin sebelumnya.

:idea: Perlu banyak latihan agar bisa mengerti kebutuhan mesin motor kita, jangan lupa cek busi sebagai indikator kekeringan / kebasahan setelan karburator.

(+) Kelebihan setting disaat kondisi mesin sudah berjalan atau panas membuat mesin dalam kondisi prima saat kondisi apapun.
(-)Kekurangan nya yaitu jika setelan stationer terlalu rendah maka dipagi hari motor juga susah stationer.Karena saat mesin dingin ruang pembakaran belum sepenuhnya terisi campuran bahan bakar.

Cara Setel Angin Karburator

sekian tentang  Cara Setel Angin Karburator, terima kasih kunjungannya dan semoga bermanfaat..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar